Cara Mendaftar PT Perorangan Secara Mandiri dan Online, bebas Ribet

Date:

Memulai bisnis memang harus sat set langsung saja eksekusi supaya segera bisa mendapatkan manfaat sebesar besarnya berupa cuan. Terutama yang memulai bisnis kecil-kecilan dirumah, atau jual beli barang secara online di marketplace macam tokopedia, shopee, lazada dan lain-lain. Biasanya kalau kalian mau menjangkau market yang lebih luas, atau tiba-tiba diminta untuk supply produkmu untuk sebuah perusahaan, kalian akan diminta legalitas perusahaan supaya bisa supply.

Dari sana biasanya kita mulai bingung karena tidak punya legalitas perusahaan. Mau bikin Perseroan Terbatas (PT) syarat-syaratnya lumayan banyak, selain modal besar juga harus ada minimal 2 orang sebagai pendiri. Mau bikin CV juga hampir sama, tapi memang syarat modalnya lebih rendah dari PT.

Nah kini pemerintah Indonesia memberikan solusi ni untuk kita-kita yang baru memulai usaha, atau usaha kecil yang mau naik kelas berupa Perseroan Perorangan. Apa itu Perseroan Perorangan?

Apa itu PT Perorangan?

Supaya tidak salah, saya ambil definisi Perseroan Perorangan dari Wikipedia.

Perseroan perorangan adalah suatu badan hukum perorangan yang didirikan oleh hanya 1 (satu) orang perseorangan dan memenuhi kriteria Usaha Mikro dan Kecil (UMK) sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Perseroan perorangan dikenal pula dengan istilah perseroan UMK, perseroan terbatas perorangan, dan PT perorangan. Supaya lebih mudah dalam memahami dan penulisannya lebih singkat, kita sebut saja PT Perorangan ya.

Meskipun sama-sama didirikan oleh hanya satu orang, perseroan perorangan berbeda dengan perusahaan perorangan yang lebih dulu dikenal karena perusahaan perorangan bukan termasuk badan hukum berdasarkan peraturan perundang-undangan di Indonesia. Selain itu, adanya pemisahan tanggung jawab antara pemilik dan perseroan perorangan menjadi pembeda antara perseroan perorangan dengan perusahaan perseorangan.

Lalu apa bedanya dengan Perseroan Terbatas (PT)? Secara hukum PT dan PT Peorangan memiliki kedudukan yang sama, yang membedakan adalah pemegang saham, modal dan struktur kepengurusan, PT Perorangan hanya didirikan serta pemilik saham bisa 1 orang. Sebelum UU Cipta Kerja pendirian PT minimal 2 orang.

Siapa yang boleh mendirikan PT Perorangan? PT Perorangan bisa didirikan oleh semua warga Indonesia yang mempunyai usaha atau ingin mendirikan usaha.

Berapa Modal Mendirikan PT Perorangan?

PT Perorangan merupakan produk dari UU Cipta Kerja, yang ditargetkan untuk seluruh pengusaha UMKM. Apapun jenis usaha baik usaha mikro atau kecil memiliki hak yang sama untuk mendirikan PT Perorangan. Modal maksimal untuk PT Perorangan adalah 5 Miliar Rupiah, dan apabila melebihi 5 Miliar maka PT Perorangan bisa mengajukan sebagai Perseoran Terbatas (PT).

Cara Mendaftar PT Perorangan secara Online

Perseroan Perorangan atau PT Perorangan didirikan oleh satu orang pendiri dengan status Warga Negara Indonesia (WNI) minimal berusaha 17 tahun. Pendaftaran dilakukan secara online melalui situs Direktorat Jendral Administrasi Umum (AHU).

Kalau sudah masuk ke situs AHU, cari saja di paling ujung kanan sebelah bawah ada icon AHU Perseroan Perorangan, kemudian klik dan akan diarahkan kehalaman login AHU Perseroan Perorangan. Atau supaya cepat bisa langsung ke link laman https://ptp.ahu.go.id

Jika belum punya akun AHU sebelumnya, kalian bisa menyiapkan KTP dan NPWP terlebih dahulu untuk kebutuhan registrasi ke situs.

Form registrasi Pendaftaran akun AHU Perseroran Perorangan

bersambung dulu…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

Value Proposition Canvas, apa itu dan digunakan oleh siapa dan untuk apa?

Untuk merumuskan strategi diperlukan pemahaman yang pas mengenai kebutuhan...

6 Kemampuan dasar yang harus dilatih oleh Leader

6 kemampuan dasar yang harus latih oleh seorang Leader: Aspiring...

5 Perusahaan ini sukses dengan cara “Mencuri” ide bisnis perusahaan lain

Ketika masih belajar tentang bisnis di universitas, secara konstan...

Mencapai tujuan utama dengan 4 Discipline of Execution (4Dx) – Project Management

Seringkali, seorang leader sangat tahu tentang strategic plan, tapi...